Tips Alami Mencegah dan Mengatasi Jet Lag!!

jet lag

Trip Anda ke Paris bisa terganggu dengan yang namanya Jet Lag. Hal ini biasa terjadi ketika kita melewati 2 atau lebih zona waktu yang berbeda, sehingga mengakibatkan circadian rhythm pada tubuh terganggu. Akhirnya muncul hal-hal superti insomnia, letih di siang hari, sulit berpikir jernih, disorientasi, pusing, dan sakit maag. Jet lag bersifat sementara dan pada umumnya tidak berbahaya, tapi tetap dapat menganggu aktifitas hingga tubuh kita dapat beradaptasi kembali. Menurut Katherine Green, M.D., direktur medis dari University of Colorado Hospital Sleep Center, tubuh kita memerlukan setidaknya satu hari penuh untuk beradaptasi setiap zona waktu yang berbeda. Disini, saya akan berbagi beberapa tips untuk mencegah dan mempercepat kondisi jet lag supaya berlalu.

 

MENCEGAH JET LAG

Sleep

Mulai lebih Awal
3 hari sebelum trip Anda, tidur dan bantun 30 menit lebih awal (untuk berpergian ke daerah timur) dan lebih lambat (untuk berpergian ke daerah barat). Hal ini akan membantu circadian cycles untuk mulai berpindah lebih dekat ke destinasi waktu traveling, kata Cathy Goldstein, M.D., sleep neurologist dari University of Michigan Sleep Disorders Center. Circadian rhythm kita diatur oleh jam tubuh internal yang diharmonisasikan dengan natural cycle pagi dan malam sehari-hari. Artinya, penting untuk tidur dalam kendisi gelap gulita.

Day and Night

Tiba di Tempat Sebelum jam 12 Siang
Apabila memungkinkan, pilihlah penerbangan yang membuat Anda tiba di destinasi saat pagi hari. Akan lebin mudah nutuk mengatur tubuh kita ke zona waktu yang baru saat matahari mesih bersinar, menurut Dr. Green. Saat mendarat, tahan godaan untuk tidur, ini akan memudahkan Anda ketika sudah waktunya beristirahat di malam hari.

hydrasi tubuh dengan air minum
hidrasi tubuh dengan air minum

Hidrasi!
Pilihlah air mineral atau jus buah saat di dalam pesawat. Tekanan di dalam kabin pesawat membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga akan memperburuk kondisi lelah dan berpotensi meningkatkan resiko GI (pencernaan seperti maag). Air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minuman mengandung kafein dan alkohol adalah pilihan terburuk. Kafein mencegah reseptor adenosine (bagian yang membantu untuk tidur) untuk keluar dan akhirnya menyebabkan insomnia apabila dikonsumsi di waktu yang dekat dengan waktu tidur.

 

MENGATASI JET LAG

 

Atasi jet lag

Hitung Waktu di Siang Hari
Untuk mengatasi jet lag, penting untuk mengetahui kombinasi dan waktu pagi dan malam, yang bergantung di tujuan dan arah destinasi. Sebuah website esperti jetlagrooster.com atau aplikasi smartphone seperti Timeshifter memberi Anda masukan mengenai periode terang, gelap, dan tidur Anda berdasarkan travel itinerary dan rutinitas.

Catnap

Catnap
Apabila mata Anda sudah benar-benar tidak bisa dibuka lagi, tidur siang singkat dapat membantu meringankan rasa letih. Usahakan tidur di bawah waktu 1 jam dan sebelum jam 2 siang. Tidur di atas jam tersebut akan membuat Anda lebih susah tidur di malam hari.

Young Living Sleep Essence
Young Living Sleep Essence

Melatonin
Melatonin adalah komponen penting dalam tubuh yang memberi signal tidur, membantu kita merasa ngantuk dan hormon ini dikeluarkan berdasarkan jam circadian tubuh. Konsumsi suplemen Melatonin sebelum tidur data membantu Anda untuk tidur dan mempercepat adaptasi ke waktu lokal saat berpergian ke daerah timur. Saya sendiri memilih Young Living Sleep Essence sebagai supporter melatonin alami. Sayangnya Sleep Essence belum masuk ke Indonesia, jadi saya biasa membelinya langsung dari Young Living di America. Sleep Essence ini benar-benar worth the trouble, saya ga berani konsumsi sembarang suplemen, dan karena saya sudah 100% percaya dengan perusahaan Young Living Essential Oils, saya hanya mau pakai melatonin dari Young Living. Menyeramkan kalau sembarang pakai dan malah berdampak buruk ke kesehatan.

Young Living Essential Oils
Young Living Essential Oils

Essential Oils
Ada banyak essential oils dari Young Living yang membantu untuk set mood tidur dan relax, di antaranya adalah Lavender, Cedarwood, Sandalwood, Peace & Calming, Kunzea, Stress Away, Chamomile, Rutavala, Valor, Frankincense, dan banyak lagi. Berapa tetes yang harus di diffuse? Tergantung berapa besar ruangan. Ada yang cukup dengan 5 tetes, ada yang cukup dengan 15 tetes. Apabila menggunakan Dessert Mist Diffuser, disarankan menggunakan lebih dari 15 tetes karena diffuser nyala semalaman, biar tetap harum dan nyaman. Semuanya terpulang ke selera masing-masing. Silahkan dicoba dan experiment sendiri :).

Young Living Aria Diffuser
Young Living Aria Diffuser

Selain menggunakan diffuser, Anda bisa juga mencoba berendam dengan garam Epsom dan essential oil favourit. Dijamin akan langsung relax dan mengantuk. Apalagi dipijat oleh essential oil yang murni ini. Wow, amazing rasanya. Lalu oleskan beberapa tetes di daerah leher, ubun-ubun, dan telapak kaki. Dan inhale atau hirup baunya secara langsung. Apabila Anda suka wangi rempah or kayu, bisa menggunakan Cedarwood, Frankincense, atau Sandalwood. Apabila suka wangi bunga, bisa menggunakan Peace & Calming, Valor. Untuk wangi lembut, tentunya Lavender juaranya.

Silahkan dicoba dan kasih masukan kalian ya.
Apabila ada pertanyaan dan ingin tahu bagaimana menjadi member Young Living bersama Oilogy dan mendapatkan manfaat maksimal, silahkan email ke oilogyessentials@gmail.com dan Whatasapp ke +628112060179. Aromatherapist kami dengan senang hati akan membantu Anda.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam schat selalu,

Maria

Anda juga mungkin menyukai:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *