Benarkah Lavender Essential Oils Menyebabkan Pertumbuhan Payudara pada Anak Pria?

Lavender flowers

Baru-baru ini para pencinta essential oils dikejutkan oleh trend berita di internet dan surat kabar di negri Paman Sam bahwa lavender essential oils dapat menyebabkan pertumbuhan payudara pada anak laki-laki, terutama yang sedang masa pubertas. Berita ini tersebar di internet dan whatsapp. Banyak orang yang bertanya kepada saya mengenai kebenaran artikel tersebut. Beberapa orang pun terkejut dan menjadi ragu-ragu untuk menggunakan essential oils. Nah apakah berita tersebut benar?

lavender dan pertumbuhan payudara para anak laki lakiMenurut berita di Channel News Asia, pertumbuhan payudara pada pria yang disebut gynaecomastia adalah termasuk langka tanpa penyebab yang jelas, tetapi ada beberapa kasus yang berkaitan dengan penggunaan essential oils seperti lavender dan tea tree.  Delapan jenis komponen (hanya delapan jenis dari ratusan komponen dalam satu jenis essential oil) dari essential oils tersebut di uji coba pada sel kanker dan hasil delapan uji coba menunjukkan bahwa komponen pada essential oil dapat meningkatkan produksi estrogen dan menurunkan kadar testosterone.

My friends, jangan mudah termakan berita, dibaca dan ditelusuri secara cermat. Penulisnya sendiri tidak menguraikan daftar komplit komponen yang ada di dalam essential oil tersebut. Bahkan kita juga tidak tahu, essential oil dari perusahaan manakah yang mereka gunakan. Karena banyak juga produk essential oil merk lain yang menggunakan bahan xenoestrogenic seperti komponen plastik, pestisida, dan herbisida. Selain itu mereka juga melakukan uji coba pada lavanda officinalis dari perusahaan kimia, bukan dari perusahaan essential oil.

Beberapa isu yang harus diklarifikasi mengenai pernyataan ini

lavender dan pertumbuhan payudara para anak laki laki
Polystrene plate atau sterofom yang digunakan untuk uji komponen lavender essential oil.

Bagaimana uji coba tersebut dilakukan? Untuk mengetahui apakah lavender oil tersebut bersifat estrogenik dan androgen (hormon steroid yang merangsang/mengontrol perkembangan pria), scientist mencampur DMSO (cairan kimia pelarut uji analisis) dan essential oils di atas piring sterofom (yang mengandung titanium dioxide dan memang dikenal beracun dan dikenal dapat merusak hormon pria dan wanita). Lalu mereka juga memilih untuk melakukan uji coba dengan cara perkembangan sel kultur dibandingkan melakukan evaluasi uterotropic assay (meniliti apakah sel di dinding uterus memberikan reaksi pada komponen tersebut) yang memang sudah distandardisasi sebagai metode uji coba. Penulisnya sendiri mengaku bawah penelitian para scientist tersebut masih perlu diuji lagi lebih dalam.

Penelitian tersebut juga hanya informasi sekedar informasi dari penulis di sebuah konferens. Sehingga dosis dan detil yang digunakan pada anak tersebut juga tidak diketahui. Yang parahnya, penelitian ini hanya menggunakan beberapa komponen dari essential oil, bukan essential oils secara keseluruhan. Apalagi cara distilasi pun mempengaruhi jumlah komponen yang tertinggal. Perusahaan yang memproduksi essential oil murni akan sangat memperhatikan cara distilasi yang betul agar keseluruhan komponen dari tanaman tersebut ikut masuk semua di dalam essential oil yang kita gunakan. Perbedaan waktu 1 jam saja kan mempengaruhi jumlah besar komponen yang tertinggal. Sedangkan para peniliti ini hanya mengambil komponen eucalyptol, 4-terpineol, dipenten/limonene, alpha-terpineol, lineally acetate, linalool, alpha-terpine, dan damma terpinene. Tentu saja hasilnya tidak bisa akurat, ketika semua komponen bersatu, mereka akan berfungsi berbeda. Kebanyakan obat-obat generik hanya mengambil komponen bahan aktifnya yang dibuat menjadi sintetis sehingga pada ujungnya dapat mengakibatkan kerusakan ginjal atau liver.

Berdasarkan beritanya, sebagian (sekali lagi, bukan keseluruhannya, tapi hanya sebagian) komponen essential oil tersebut diuji coba pada sel kanker manusia, bukan sel yang SEHAT. Sel kanker payudara dan sel manusia yang sehat akan memberikan respon yang berbeda dalam penelitian. Ini bukanlah presentasi yang akurat karena tidak dilakukan pada sel normal manusia rata-rata. Oleh karena itu, pernyataan bahwa essential oil lavender dan tea tree dapat menyebabkan pertumbuhan payudara pada pria adalah TIDAK VALID.

Kepanikan masyarakat mengenai isu ini pun bukan disebabkan oleh seorang anak yang menderita gynecomastia. Sang penulis mengatakan bahwa perubahan hormon umumnya karena faktor lingkungan pada tubuh dan sekitarnya,  kondisi hormon tubuh tersebut yang mungkin mengakibatkan resiko gynecomastia pada anak laki-laki pubertas. Jadi, ini hanyalah keputusan secara teoritikal semata, bukan fakta. Faktor lingkungan dan gaya hidup pun sangat berpengaruh, apakah anak tersebut gemar komsumsi makanan mengandung hormon dan menggunakan produk sehari-hari yang mengandung bahan toxic yang dapat merusak sistem hormon.

Saya sendiri merasa tenang karena sudah memiliki essential oils yang sudah terbukti kualitas kemurniannya. Untuk info lebih lanjut mengenai essential oil manakah yang aman dan murni untuk pemakaian jangka panjang , silahkan hubungi Oilogy di oilogyessentials@gmail.com atau consult@oilogy.org atau di +62-821-117-711-91.

 

Kontak informasi:
Email: oilogyessentials@gmail.com & consult@oilogy.org
Phone: +62821-117-711-91
Youtube: Oilogy TV
Instagram: @oilogy
Website: www.oilogy.org

Anda juga mungkin menyukai:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *