Apakah Kosmetik Anda Aman untuk Tubuh Anda?

Is your cosmetic safe?

Pada umumnya, wanita ingin terlihat cantik dan mencoba segala cara untuk mewujudkannya seperti penggunaan produk skin care dan beragam perawatan, kosmetik, bahkan operasi plastik. Bicara mengenai kosmetik, pernahkah Anda meneliti apa yang ada di dalamnya. Walaupun produk kosmetik seperti lipstik, bedak, pemerah pipi, pensil alis dan lainnya hanya menempel di permukaan kulit wajah, bukan bearti aman dan dapat dikenakan  sesering mungkin. Apapun yang menempel di permukaan kulit kita akan terserap ke dalam melalui pori-pori kulit. Nah, kalau isinya bahan-bahan kimia, apa yang akan terjadi? Berpikiran untuk mengacuhkannya dan beranggapan tidak apa-apa karena banyak orang lain di dunia ini juga menggunakannya tidak bisa dijadikan alasan. Karena kesehatan kita adalah berharga, sesuatu yang perlu kita pelihara untuk jangka panjang.

Danger of cosmetic for health

FDA tidak memberikan peraturan yang spesifik mengenai bahan-bahan yang aman digunakan untuk pembuatan kosmetik. Bahan berbahaya bisa bersembunyi di dalam daftar parfum/fragrance. Apabila make up/kosmetik adalah salah satu rutinitas Anda sehari-hari, ada baiknya untuk mengetahui apa yang kulit Anda serap. Yuk, kita pelajari apa saja bahan-bahan yang sering didapati di dalam produk kosmetik komersil.

  1. Lead
    Umumnya ditemukan di produk lipstik dan pemerah pipi yang meningkatkan resiko keguguran, flek pada wajah, kemandulan. Lead sendiri adalah sejenis logam yang tidak dengan sengaja dimasukkan ke dalam, namun tetap ada akibat pewarna sintetis.
  2. Phthalates
    Sejenis bahan kimia yang digunakan untuk melunakkan plastik. Paling banyak ditemukan di pewarna kuku, parfum, hairspray dengan nama diethyl, dimethyl, dan dibutyl phthalates. Dapat menyebabkan kanker dan kerusakan hormon pada wanita dan pria seperti pertumbuhan payudara pada pria, menstruasi dini pada anak perempuan, dan kemandulan.
  3. Formaldehyde
    Sejenis pengawet, dikenal sebagai formalin untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang sangat karsinogenik (kanker!!). Meningkatkan resiko masalah pada kulit dan sistem kekebalan tubuh. Umumnya ditemukan di pembersih wajah, kosmetik, dan produk kecantikan lainnya. Nama lain formaldehyde:

    • DMDM hydantoin
    • diazolidinyl urea
    • sodium hydrozymethylglycinate
    • imidazolidinyl urea
    • methenamine
    • bronopol
    • quarternium-15, Quaternium-18, Quaternium-26 (paling sering digunakan untuk maskara, bedak kompak, dan eyeliner)
    • BHUT (butylated hydroxytoluene)
      Added toxic chemicals in cosmetic
      Bahan apa saja yang sudah terserap di dalam tubuh Anda?

       

  4. Triclosan
    Dikenal sebagai si perusak imunitas tubuh (resistansi pada bakteria) dan hormon, terutama tyroid dan reproduksi. Triclosan sering digunakan pada produk bayi (sangat mengerikan bukan? Yang seharusnya aman untuk kulit bayi, ternyata sangat berbahaya untuk si mungil).
  5. PEG
    Berfungsi untuk membuat kosmetik yang berbahan dasar krim. PEG meningkatkan penyerapan bahan-bahan kimia toxic lainnya ke dalam kulit. Sangat berbahaya untuk pusat syaraf manusia dan perkembangan sel dalam tubuh.
  6. Butylated dan komponennya (bht, bha)
    Untuk membuat produk menjadi tahan lama, dimasukkanlah komponen ini yang sering ditemukan di kosmetik (bedak, pemerah pipi, eyeshadows, foundation, pelembab, pembersih wajah, eyeliner, lipstik), keripik, kue, daging, sosis, permen karet, minyak sayur, dan bir. Bahan kimia ini dikenal sebagai perusak hormon yang terkait dengan pertumbuhan janin, alat kelamin, kesuburan, tumor, dan organ tubuh. Pemerintah Europa melarang penggunaan bha di dalam parfum, namun masih banyak perusahaan kosmetik lain yang menggunakannya.
  7. Paraben
    Digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada kosmetik. Paraben meningkatkan resiko kanker payudara karena merusak keseimbangan hormon. Banyak ditemukan di produk kosmetik dan sehari-hari seperti sabun, shampoo, bodylotion, dll.

    Demi cantik, apakah kesehatan Anda pauta menjadi korban?
    Demi cantik, apakah kesehatan Anda pauta menjadi korban?

     

  8. Pewarna sintetis
    Apabila Anda membaca tulisa FD&C atau D&C, mereka adalah pewarna sintetis yang bersumber dari petrolum dan bahan tar untuk aspal jalanan (menakutkan!!). Tentunya perwarna sintetis ini sangat karsinogenik.
  9. Propylene Glycol
    Sejenis alkohol yang kerap digunakan di produk kosmetik dan perawatan wajah. Menyebabkan iritasi kulit walaupun kandungannya hanya 2%.
  10. Parfum Sintesis
    Mengandung ratusan bahan kimia berbahaya yang terselubung di dalam satu kata parfum/fragrance. Banyak dihubungkan dengan masalah alergi kulit, pernafasan, dan sistem reproduksi. Hampir semua produk kecantikan memiliki kandungan parfum.
  11. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
    Ditemukan di 90% produk kencantikan dan kebersihan dan menjadi penyebab iritasi pada kulit, paru-paru, dan mata. Lebih mengerikan lagi karena SLS adalah salah satu penyebab kanker dan juga berpotensi untuk merusak ginjal dan sistem pernafasan. Ditemukan di produk maskara, sabun, shampoo, pasta gigi, dan obat jerawat.
  12. PVP/VA Copolymer
    Berfungsi untuk mengikat bahan-bahan yang ada di dalam kosmetik dan parfum, yang dapat merusak sistem pernafasan dan kulit.
Apakah tujuan penggunaan kosmetik untuk menutupi kerusakan pada kulit
Salah satu tujuan penggunaan kosmetik adalah untuk menutupi ketidaksempurnaan (jerawat, flek, bekas jerawat, warna kulit tidak rata, dll) supaya tampak natural, yang kedepannya akan merusak kesehatan sehingga menyebabkan kematian. Bukankah lebih baik apabila kulit natural Anda adalah kulit yang sehat, bersih, dan mulus?

Masih banyak lagi bahan-bahan toxic berbahaya lainnya yang digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan tubuh/wajah. Wanita ingin cantik adalah suatu hal yang lumrah, tetapi alangkah mengerikan apabila akibat dari akumulasi penggunaan produk sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan hormon, imunitas tubuh, alergi, bahkan kanker. Pilihlah produk dengan kandungan aman dan alami. Oilogy punya solusinya.

Kosmetik yang aman untuk kulit dan tubuh

Savvy Minerals and Oilogy

Young Living Essential Oils telah merilis produk kosmetik yang tentunya sangat aman untuk kesehatan kita. SAVVY MINERALS MAKEUP adalah jawabannya, benar-benar alami, aman, dan tentunya terlihat cantik pada wajah (bagian paling penting). Sebagai wanita, ada baiknya untuk tidak mengkompromikan kecantikan dengan kesehatan. Maka dari itu, Young Living hanya memilih bahan-bahan yang terbaik, bahkan secara bersamaan memberikan nutrisi pada wajah (wow!!). Tidak ada namanya bahan-bahan kimia berbahaya yang disebutkan di atas sebelumnya.  Setiap jenis produk Savvy dibuat sedemikian rupa dengan kualitas tinggi untuk membuat kulit Anda tampil lebih cantik, glowing, dan fabulous. Dimanapun Anda berada, Savvy Minerals siap untuk membuat Anda tampil lebih natural dan menjadi versi diri Anda yang lebih baik lagi.

Savvy Minerals & Oilogy
Aneka ragam pilihan warna dan rangkaian kosmetik Savvy Minerals

Savvy Minerals make up tersedia dari pilihan:

  • Foundation powder
  • Lipstik
  • Lipgloss
  • Blush (pemerah pipi)
  • Eyeshadow
  • Misting Spray
  • Eyeliner
  • Bronzer
  • Maskara
  • Kuas make up
Pilihan warna foundation Savvy Minerals
Savvy Minerals Foundation dalam bentuk bedak tabur, hadir dalam 10 warna yang dapat Anda blend untuk shading dan contouring.

 

Betapa amannya Savvy Minerals Make Up
Tanpa harus mengkompensasikan kesehatan Anda, Savvy Minerals make up tidak mengandung bahan-bahan toxic yang berbahaya.

 

Savvy Minerals Make up Ingredients
Young Living memastikan hanya yang terbaik untuk kosmetiknya agar kulit tetap ternutrisi dan sehat.

 

 

Before & After Savvy Minerals with Oilogy
Salah satu member Oilogy yang telah mencoba rangkaian produk perawatan wajah dan kosmetik Savvy Minerals. Cantik alami bukan?

 

Jadilah konsumer yang bijak. Kesehatan kita adalah yang utama. Pilihlah Savvy Minerals kosmetik untuk rutinitas harian Anda. Untuk informasi lebih lanjut lagi, silahkan hubungi oilogyessentials@gmail.com atau Whatsapp ke +62821-117-711-91 dan salah satu dari tim Oilogy akan dengan senang hati membantu Anda.

Savvy Minerals and Oilogy

 

Youtube:

  • Oilogy TV
  • Young Living Essential Oils – Official

Instagram: @Oilogy
Web: www.oilogy.org
Email: oilogyessentials@gmail.com
Phone: +62821-117-711-91

Anda juga mungkin menyukai:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *