Bahaya Racun Dalam Pasta Gigi Sekeluarga dan Solusi Mengatasinya

Kesehatan gigi keluarga
                                                Pentingnya kesehatan gigi keluarga

Kebersihan gigi sangatlah penting untuk kesehatan. Menggosok gigi menjadi salah satu rutinitas sehari-hari. Ketika kita menggosok gigi, kandungan di dalam pasta gigi akan turut masuk ke dalam tubuh walaupun kita membuang sisa pasta gigi dalam mulut.  Pernahkah anda berpikir tentang apa yang terkandung di dalam pasta gigi anda? Banyak merek pasta gigi di luaran yang mengandung bahan-bahan yang harus kita hindari.

Bahaya racun dalam pasta gigi
Bahaya racun dalam pasta gigi

 

Apakah pilihan anda?
Apakah pilihan anda?

7 bahan beracun yang sering ditemui di pasta gigi komersil:

  1. Triclosan
    Triclosan banyak digunakan untuk menuntaskan plak pada gigi. Bahan kimia ini dapat mengakibatkan resistensi pada antibiotik dan merusak keseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon berujung di penyakit kanker, puberti terlalu dini pada anak perempuan, dan berat badan rendah di bayi baru lahir.
  2. Pemanis Buatan
    Aspartam menjadi salah satu bahan favorit di pasta gigi. Keracunan aspartam dapat mengakibatkan vertigo, sakit kepala, telinga mendenging, mual, gangguan pencernaan, lemah, selalu merasa kedinginan, sering lupa, kesemutan, sakit badan, gangguan syaraf dan karakter.
  3. Flouride
    Bahan yang paling sering dibanggakan di iklan TV dan juga paling sering ditemukan di hampir semua jenis pasta gigi anak-anak dan dewasa. Anak-anak sering secara tidak sengaja menelan pasta gigi mereka. Timbunan flouride dalam tubuh menggangu keseimbangan enzim yang berujung pada kerusakan syaraf pada otak dan hormon. Yang lebih mengerikan fluoride
  4. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
    SLS atau Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES) adalah bahan kimia yang membuat sesuatu menjadi berbusa lebih banyak, seperti di produk sabun, shampo, pencuci muka, dan pasta gigi. SLS juga menjadi salah satu penyebab iritasi kulit, sariawan, dan kanker.
  5. Diethanolamine (DEA)
    Banyak ditemukan di produk berbusa seperti pasta gigi. Dikenal sebagai perusak hormon dan berpotensi sebagai penyebab kanker hati, perut, usus, dan kandung kemih. DEA menduduki urutan ke 10 sebagai bahan kimia paling beracun yang banyak ditemukan di produk sehari-hari.
  6. Propylene Glycol
    Sejenis minyak bermineral yang digunakan di perindustrian cat, cairan anti beku pada kendaraan dan pesawat. Bahan ini juga digunakan untuk produk kecantikan dan sehari-hari yang dapat mengakibatkan iritasi kulit, mata, paru-paru, dan keracunan organ tubuh.
  7. Microbeads
    Adalah sejenis plastik pelet mini yang sering dijadikan sebagai salah satu bahan  untuk sabun mandi, facial scrub, pasta gigi, dan lainnya. Saat kita mandi atau setelah gosok gigi, microbeads ikut mengalir ke saluran pembuangan, melewati filter air dan kembali ke lingkungan. Plastik pelet ini meresap racun dari air dan banyak dikonsumsi oleh hewan laut dan manusia. Penggunaan microbeads jelas tidak ramah lingkungan. Selain itu kandungan microbeads dalam pasta gigi akan diam di bawah gusi anda, yang akhirnya menjadi sumber makanan bakteria di mulut. Akhirnya muncul masalah di dalam mulut anda.
Flouride sebagai pembunuh tak bersuara
Flouride sebagai pembunuh tak bersuara

Bingung mau memilih pasta gigi yang mana? Jangan kawatir, tidak semua produsen pasta gigi menggunakan bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Contohnya rangkaian produk pasta gigi dari Young Living yang memiliki kandungan essential oils di dalamnya seperti Thieves Aromabright Toothpaste, Thieves Dentarome Ultra Toothpaste, dan Kidscent Toothpaste untuk anak-anak. Kandungannya yang alami tanpa bahan kimia, pengawet, pemanis buatan, dan sintetis lainnya menjadikan produk ini sebagai produk premium.

Keunggulan produk pasta gigi oleh Young Living:

  1. Mendukung kesehatan gusi dan gigi
  2. Membentuk lingkungan alkali dalam mulut sehingga mencegah pertumbuhan bakteri jahat
  3. Kandungan essential oils memberikan rasa mint yang segar di mulut
  4. Bebas dari bahan sintetis dan berbahaya
  5. Bebas flouride sehingga aman apabila tertelan sekalipun oleh anak-anak
  6. Aman untuk ibu hamil dan menyusui
Pilihan pasta gigi yang aman dan sehat untuk keluarga
Pilihan pasta gigi yang aman dan sehat untuk keluarga

 

Anda juga mungkin menyukai:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *